Kumpulan Gambar Dekorasi Konsep Rumah Idaman Minimalis Terbaru 2018. Desain Rumah Sederhana, Desain Dapur, Desain Kamar, Desain Ruang tamu

Thursday, October 25, 2018

5 Tips Dalam Memilih Tirai Ruang Tamu Yang Tepat

Tips memilih tirai ruang tamu perlu kita pelajari untuk membuat rumah menjadi lebih nyaman. Ruang tamu dapat dikatakan sebagai ruang utama karena dari ruang tamu itulah orang lain melihat bagaimana kepribadian orang-orang di dalamnya. Oleh karena itu, pilihlah gorden atau tirai yang tepat untuk rumah idaman Anda.

5 Tips Dalam Memilih Tirai Ruang Tamu Yang Tepat untuk rumah minimalis

Tips Memilih Tirai Ruang Tamu

Pada umumnya, gorden dipasang pada jendela, penghubung antar ruang atau pintu. Beberapa fungsi dari gorden adalah sebagai pembatas agar aktivitas di dalamnya tidak terlihat, mencegah masuknya sinar matahari berlebih yang bisa mengganggu kenyamanan penghuni rumah. Fungsi gorden ini harus diimbangi dengan pemilihannya yang tepat agar menambah daya tarik ruang tamu Anda.

1. Lihatlah Tema Ruang Tamu

Terdapat beberapa tema ruang di dalam rumah, seperti:

  • Gaya Minimalis
    Ruangan dengan gaya minimalis terlihat lebih sederhana namun tetap elegan. Untuk itu, gorden yang digunakan umumnya terbuat dari bahan yang tidak bermotif ataupun motif kecil agar terlihat lebih bersih. Selain itu, warna yang dipilih pun bersifat netral dan simple. 
  • Gaya Modern Tradisional
    Pemilihan gorden untuk gaya ruangan ini bisa diawali dengan pemilihan warna yang natural atau solid, seperti warna jerami, broken white, dan lain sebagainya. Padupadankan dengan motif bergaya tradisional.
  • Cara Modern Klasik atau Klasik
    Pada gaya ruangan ini, pilihlah warna gorden yang senada dengan warna interior atau dinding di ruangan tersebut sehingga memberikan kesan nyaman, teduh dan selaras. Sedangkan, untuk motif gorden, Anda dapat memilih motif  renda bunga atau yang lainnya, seperti nuansa yang diinginkan. Hindari pemilihan bahan gorden yang berat. Warna tirai ruang tamu sangatlah memperlihatkan gaya apa yang kita terapkan di dalam rumah.
Lihat: Inspirasi Mendesain Interior Ruang Tamu Minimalis, Untuk Ruangan Kecil Dan Sederhana

2. Tentukan Point Of Interest Pada Ruang

Anda harus tahu apa saja sisi daya tarik ruang yang harus ditonjolkan di dalam ruang tamu. Hal ini bertujuan agar pemilihan gorden nantinya tidak akan bersaing dengan point of interest yang lain sehingga akan terjadi keharmonisan. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan warna furniture dan dinding di sekitar. Sebagai contohnya adalah saat ruangan bergaya klasik, maka Anda dapat memilih gorden dengan motif yang menarik agar menjadi pusat perhatian. Oleh karena itu, pastikan bahwa gorden yang Anda pilih adalah gorden dengan motif memikat.

3. Carilah Referensi Untuk Panduan

Melihat beberapa model atau referensi gorden di berbagai kondisi dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam memilih atau memadupadankan gorden di ruang tamu. Gambar tirai ruang tamu ini akan memberikan gambaran bagaimana penerapan gorden yang tepat di ruang tamu Anda, bahkan bisa dijadikan sebagai bahan diskusi. Anda bisa mendapatkan referensi ini dari mana pun, seperti internet, majalah, buku, atau secara langsung melihat di rumah saudara, teman dan orang-orang yang dikenal. Semakin banyak referensi akan semakin membantu kita dalam mengantisipasi kebingungan dalam memilih gorden.

4. Tentukan Tipe Gorden Ruang Tamu

Selain berfungsi untuk menghalangi sinar matahari secara langsung, gorden juga berfungsi untuk menambah keindahan ruang. Penting bagi kita untuk mengetahui apa saja tipe gorden sehingga kita bisa menentukan jenis mana yang diperlukan. Berikut ini adalah beberapa macam gorden:

  • Wooden Blind/ Kerai
    Kerai merupakan gorden yang tidak terbuat dari kain, melainkan bahan-bahan alternatif lain, seperti kertas, alumunium, dan kayu. Jenis tirai ini akan memberikan kesan privasi. Bentuk ini sangat efisien dan dapat memberikan karakter yang kuat di dalam ruangan.
  • Digulung Ke Atas atau Rolling Blind
    Hampir sama dengan Roman Blind, namun bedanya model ini digulung ke atas dan bukan sekedar dinaikkan.
  • Roman Blind atau Dinaikkan
    Bahan yang digunakan untuk tirai ini lebih kaku dibanding dengan bahan gorden pada umumnya. Hal ini disebabkan karena tirai harus dinaikkan menggunakan sebuah tali.
  • Tirai Geser atau Gorden
    Tirai geser ini lebih terkenal dengan nama gorden. Seperti namanya, tirai ini digunakan dengan cara menggesernya ke samping. Bahan yang digunakan pun bervariasi, seperti kain sutra yang lembut, linen tebal, damask polos, bahan bertekstur, dan beludru elegan. Pastikan bahwa motif yang dipilih sesuai dengan dekorasi keseluruhan.
  • Dilipat Seperti Dasi Kupu-Kupu
    Gorden ini dapat dimanfaatkan di kamar mandi, kamat tidur, ataupun dapur. Bahan yang bisa digunakan adalah kulit, denim, katun, atau kanvas.
  • Dilipat Ke Samping atau Vertical Blind
    Seperti Roman blind, baik dari segi bahan dan cara penggunaannya tapi model ini dilipat ke samping, bukan ke atas.

5. Harga Gorden

Hal terakhir yang harus Anda pertimbangkan adalah harga dari gorden tersebut. Pastikan terlebih dahulu berapa badget yang Anda siapkan untuk membeli gorden. Barulah Anda bisa menentukan gorden mana yang bisa Anda pilih. Harga akan dipengaruhi oleh bahan atau motif pada gorden.

Demikian tips memilih tirai ruang tamu yang tepat untuk mempercantik ruangan.

Related : 5 Tips Dalam Memilih Tirai Ruang Tamu Yang Tepat