Thursday, October 25, 2018

5 Tips Keren Dalam Memilih Sofa Ruang Tamu

Tips memilih sofa ruang tamu perlu Anda pelajari untuk menampilan ruang tamu yang indah dan menarik. Dapat dikatakan bahwa ruang tamu merupakan kesan pertama karena jika seseorang bertamu atau datang ke rumah Anda, maka ruang tamu adalah ruangan di dalam rumah yang pertama yang dilihatnya.
5 Tips Keren Dalam Memilih Sofa Ruang Tamu Rumah Minimalis Modern
Contoh Sofa Ruang Tamu Berkualitas

Tips Memilih Sofa Ruang Tamu

Memiliki rumah yang sempit, bukan berarti Anda tidak bisa mewujudkan rumah impian. Kita bisa berkreasi untuk membuat rumah sempit Anda terlihat lebih luas. Salah satu caranya adalah dengan mendesain ruang tamu sedemikian rupa agar ruang tamu Anda lebih nyaman dan terlihat lebih luang. Furniture yang penting dalam ruang tamu adalah sofa sehingga Anda harus bisa memilih sofa yang tepat. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli sofa untuk ruang tamu, yaitu:
  1. Kenyamanan Sofa
    Kenyaman menjadi hal yang terpenting saat Anda ingin memilih sofa di ruang tamu. Lihatlah berapa lama Anda dapat duduk di sofa. Pada umumnya, orang yang duduk dengan waktu sekitar 15 sampai 30 menit maka dapat dikatakan bahwa sofa itu terasa nyaman saat diduduki.
  2. Corak atau Pola
    Dalam pemilihan corak, kita harus lebih berhati-hati karena corak sofa yang berat, rumit, dan mencolok pada ruang tamu yang sempit akan membuat ruangan menjadi lebih sempit dan penuh. Akan lebih baik jika Anda memilih motif sofa yang menjadi pemanis ruangan atau focal point. Motif ini akan memberikan kesan ruangan lebih natural dan sederhana.
  3. Model Sofa
    Selain karena kebutuhan, pemilihan sofa juga bisa digunakan untuk tujuan artistik. Sebelumnya, kita harus melihat bagaimana keseluruhan ruang tamu sehingga kita bisa memilih model sofa yang sesuai. Apabila ruang tamu kita bergaya modern maka pilihlah juga sofa dengan model modern.
    Sedangkan, jika ruang tamu kita bergaya klasik, maka pilihlah sofa dengan model klasik pula. Selain itu, kita juga bisa mengombinasikan kedua gaya ini ke dalam model sofa. Ukuran sofa ruang tamu juga harus sesuai dengan ukuran ruang tamu. Oleh karena itu, tentukan terlebih dahulu unsur-unsur penyatu antara sofa dengan furniture atau suasana di ruang tamu. Unsur penyatu dapat berupa warna atau material yang digunakan.
  4. Jenis Sofa
    Salah satu jenis sofa yang bisa dijadikan pilihan adalah upholstery. Sofa ini sangatlah nyaman dan cocok bagi para tamu. Banyak keunggulan yang akan diberikan oleh sofa ini, yaitu tidak mudah rusak, sangat kuat, memiliki bantalan empuk dan nyaman digunakan.
  5. Warna Sofa
    Setiap warna pada sofa akan memberikan kesan yang berbeda di ruang tamu. Apabila ruang tamu Anda bergaya minimalis dan beruang sempit, maka pilihlah warna sofa yang natural atau terang. Warna yang dipilih haruslah serupa atau senada dengan suasana ruang tamu. Namun, jika Anda ingin membuat suasana dramatis, maka Anda bisa memilih warna komplementer dengan padu padan warna seperti warna ungu dengan latar biru muda.
Lihat : 27+ Model Kursi Sofa Ruang Tamu Minimalis Elegan Terbaru

Selain hal-hal tersebut, terdapat lima cara yang bisa Anda lakukan sebelum menentukan sofa pilihan, yaitu:

1. Tanya Tempat Memperbaiki Sofa

Orang yang bisa memperbaiki sofa maka ia akan lebih mengetahui bagaimana sofa yang baik dan yang tidak. Oleh karena itu, tanyakan terlebih dahulu bagaimana cara mengenali jenis sofa ruang tamu yang berkualitas.

2. Periksa Frame Sofa

Frame sofa akan berpengaruh pada kekuatan sofa agar bisa tahan lama. Banyak kita jumpai sofa dengan harga miring tapi kualitasnya tidak baik. Pastikan bahwa jenis kayu untuk frame sofa kokoh. Hindari pemilihan sofa dengan frame yang terbuat dari plastik, logam, atau partikel. Karena bahan-bahan ini mudah retak. Selain itu, periksa juga kaki frame.

Pilihlah sofa yang tidak hanya menggunakan lem untuk kaki frame, tapi juga sekrup dan pasak lain. Cara untuk menguji kekuatan frame sofa dapat dilakukan dengan mengangkat salah satu sudut kaki atau depan sofa. Apabila kaki sofa sudah diangkat enam inci, kaki depannya juga terangkat maka sofa itu cukup kokoh.

3. Test Per/Busa Sofa

Sebelum membelinya, cobalah terlebih dahulu pada ujungnya. Rasakan sambil memukul-mukulnya. Apabila keluar bunyi berderit maka ada yang salah pada sofa tersebut.

4. Bahan Tekstil Yang Bagus

Pastikan bahwa bahan teksil pada sofa terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah sobek. Hal ini merupakan syarat wajib sebelum Anda memutuskan untuk membeli sofa. Selain itu, Anda bisa meminta contoh kain dari sofa itu dan membawanya pulang. Letakkan kain itu di tempat dimana sofa akan ditempatkan. Lihatlah apakah warnanya akan berubah. Apabila tidak, berarti sofa itu cocok di tempat itu.

5. Gunakan Fillings

Setelah berbagai proses Anda lakukan, maka akan didapatkan beberapa pilihan sofa yang bisa Anda beli. Sebelumnya, pastikan dulu apakah busa pada sofa dapat tahan lama dan berkualitas tinggi. Pilihlah baik-baik sofa yang akan Anda beli agar tidak salah pilih.

Demikian sofa ruang tamu yang menambah keindahan rumah Anda, ikutilah tipsnya agar mendapatkan sofa yang terbaik.

Related Posts

5 Tips Keren Dalam Memilih Sofa Ruang Tamu
4/ 5
Oleh